HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI TELEPON GENGGAM NOKIA

Nugroho , Dhanang Ari (2008) HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI TELEPON GENGGAM NOKIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030183.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
F100030183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI TELEPON GENGGAM NOKIA Telepon genggam sebagai benda budaya telah berubah menjadi sebuah image budaya bagi pemakainya. Melalui iklan dan promosi besar-besaran, yang di dalamnya terdapat konsumsi tanda atau aspek simbolik, benda-benda menjadi sumber kepuasan utama yang diperoleh pemakainya. Oleh karena itu, sebetulnya selalu ada pesan atau tanda dari pemakai telepon genggam kepada orang lain tempat ia ingin menunjukkan sebuah gengsi atau status sosial tertentu dari pemakainya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui hubungan antara citra diri dengan keputusan membeli, 2) mengetahui sumbangan atau peranan antara citra diri terhadap keputusan membeli, 3) mengetahui tingkat citra diri dan keputusan membeli. Hipotesis yang diajukan ada hubungan negatif antara citra diri dengan keputusan membeli handphone. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XIA, kelas XIB dan kelas XID SMA Muhammadiyah Susukan yang berjumlah 79 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampel yaitu pengambilan sampel didasarkan atas ciri-ciri tertentu. Adapun ciri-ciri tersebut adalah: a) remaja kelas XI; b) memiliki telepon genggam; c) berusia antara 15-18 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala citra diri dan skala keputusan membeli. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = –0,361; p = 0,001 (p < 0,01) artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara citra diri dengan keputusan membeli. Semakin tinggi citra diri maka semakin rendah keputusan membeli, begitu sebaliknya semakin rendah citra diri maka semakin tinggi keputusan membeli. Sumbangan efektif variabel citra diri terhadap keputusan membeli sebesar 13%. Variabel citra diri mempunyai rerata empirik sebesar 88,937 dan rerata hipotetik sebesar 82,5 yang berarti citra diri pada subjek penelitian tergolong sedang. Sedangkan variabel keputusan membeli diketahui rerata empirik sebesar 94,215 dan rerata hipotetik sebesar 92,5 yang berarti keputusan membeli pada subjek penelitian tergolong sedang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara citra diri dengan keputusan membeli. Hal ini berarti variabel citra diri dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan atau mengukur variabel keputusan membeli telepon genggam Nokia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEPUTUSAN MEMBELI TELEPON GENGGAM NOKIA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jun 2009 07:57
Last Modified: 16 Nov 2010 22:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item