Upaya Penggembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Penggunaan Media Pohon Hitung Kelompok B TK Kaliwuluh 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Ratnawati, Tonny Yulia and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Upaya Penggembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Penggunaan Media Pohon Hitung Kelompok B TK Kaliwuluh 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAHPUBLIKASI.pdf

Download (563kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tujuan umum adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Kaliwuluh 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun ajaran 2012/2013 dan tujuan khusus adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media pohon hitung pada anak kelompok B di TK Kaliwuluh 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah sebagian anak yang berada di Taman Kanak-Kanak 02 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kemampuan berhitung anak Taman Kanak-kanak 02 Kaliwuluh Karanganyar pada siklus I dinyatakan tuntas ada ada 7 anak dari 16 anak (43,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 9 anak dari 16 anak (56,25 %). Kemampuan berhitung anak anak Taman Kanak-kanak 02 Kaliwuluh Karanganyar pada siklus II dinyatakan tuntas ada 12 anak dari 16 anak (75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 4 anak dari 16 anak (25%). Kemampuan berhitung pada siklus III yang dinyatakan tuntas ada 15 anak dari 16 anak (93,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 1 anak dari 16 anak (6,25 %) Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak sejak dini di Taman Kanak-kanak 02 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan, kemampuan berhitung , Media Pohon Hitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 06:17
Last Modified: 29 Oct 2021 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24898

Actions (login required)

View Item View Item