Upaya Mengentaskan Keluarga Miskin melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Studi Kasus BKM Makmur Bersama Di Kalurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar

Fauziani, Herlina and , Dra. Sri Gunarsi, S.H., M.H (2013) Upaya Mengentaskan Keluarga Miskin melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Studi Kasus BKM Makmur Bersama Di Kalurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mengentaskan kemiskinan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Makmur Bersama di Kalurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar, untuk mendeskripsikan Program-program Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Makmur Bersama di Kalurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar, untuk mendeskripsikan kendala pelaksanaan upaya pengentasan kemiskinan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Makmur Bersama di Kalurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berasal dari informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen yang berupa foto-foto mengenai pelaksanaan program BKM Makmur Bersama. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu Triangulasi teknik pengumpulan data dan Triangulasi sumber data. Sedangkan dalam menganalisis data dengan menerapkan teknik analisis interaktif melalui Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya mengentaskan kemiskinan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Makmur Bersama di Kalurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar dilaksanakan melalui program-program BKM melalui UPK, UPL dan UPS, Kendala pelaksanaan Anggota BKM Makmur Bersama banyak yang tidak aktif dalam rapat BKM Makmur Bersama maupun dalam kegiatan BKM Makmur Bersama dan ada beberapa anggota BKM Makmur Bersama yang mengundurkan diri dari keanggotaan BKM Makmur Bersama, hanya beberapa aanggota BKM Makmur Bersama saja yang bekerja secara optimal, beberapa anggota BKM Makmur Bersama bekerja semaunya sendiri, pencairan dana yang dilakukan secara bertahap mengakibatkan pelaksanaan kegiatan tersendar-sendat, terjadi kekisruhan internal BKM dan minimnya swadaya dari masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: miskin, keluarga miskin, BKM Makmur Bersama
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Jul 2013 11:56
Last Modified: 26 Oct 2021 00:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24891

Actions (login required)

View Item View Item