Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual/CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B Di TK ABA Tlobong 1 Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Farikah, Duwi and , Dr. Darsinah, S.E, M.Si (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual/CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B Di TK ABA Tlobong 1 Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kontekstual/CTL (Contextual Teaching and Learning) pada kecerdasan naturalis anak di TK ABA Tlobong I Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Penelitian ini dilaksanakan 6 kali tindakan selama 2 minggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian preeksperimental designs, sedangkan desain penelitian one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ABA Tlobong I Delanggu, Klaten.Teknik pengumpulan data kecerdasan naturalis adalah observasi. Teknik Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata skor observasi terdapat perbedaan sebesar 7,78. Hasil skor observasi awal sebelum diberi tindakan sebesar 15,38 dan observasi akhir setelah dilakukan tindakan sebesar 23,167. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 8,039 ≥ ttabel yaitu 1,740 dengan p = 0,000 (p<0,05) maka HO ditolak yang berarti terdapat pengaruh kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual/ CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kecerdasan naturalis anak di TK ABA Tlobong I Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual/ CTL (Contextual Teaching and Learning), kecerdasan naturalis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 11:36
Last Modified: 25 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24885

Actions (login required)

View Item View Item