Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Pemahaman Dasadarma dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Siswa SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun 2013

Muctharjo, Taofiq and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Pemahaman Dasadarma dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Siswa SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3_Halaman_Depan.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4_BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
6_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_Daftar_Pustaka.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_Naskah_Publikasi.pdf

Download (776kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) profil karakter disiplin, 2 ) profil karakter tanggung jawab, 3) pembentukan karakter disiplin, 4) pembentukan karakter tanggung jawab, 5) faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karekter disiplin, 6) faktor-faktor mempengaruhi pembentukan karekter tanggung jawab melalui pemahaman Dasadarma dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa SMA Negeri 3 Wonogiri tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan mencatat dokumen. Penetapan validitas data dalam penulisan ini melalui trianggulasi data dan informan review, untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) profil karakter disiplin yaitu ditunjukan dengan siswa tanggap dan cepat ketika mendengar aba-aba dari pimpinan, selalu mentaati peraturan atau tata tertib pada setiap mengikuti kegiatan kepramukaan, tidak terlambat ketika upacara atau kegiatan telah dimulai, 2) profil karakter tanggung jawab yaitu ditunjukan dengan siswa mampu memimpin temannya dalam sebuah kegiatan, menjalankan tugasnya tanpa bantuan orang lain, profesional, mampu menyesuaikan diri dan mengontol diri, 3) pembentukan karakter disiplin dengan cara pelatihan baris-berbaris, perkemahan, pelatihanpelatihan, penugasan kepada anggota pramuka, 4) pembentukan karakter tanggung jawab, pelatihan menjadi pemimpin, pemecahan masalah, dan out bond, 5) faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karekter disiplin yaitu terdiri pendorong yaitu minat dari siswa yang ingin mengikuti kegiatan kestrakurikuler pramuka, kebiasaan anggota terhadap lingkungan yang disiplin, dan penghambat yaitu siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hanya formalitas saja, pengeruh dari pergaulan, 6) faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karekter tanggung jawab melalui pemahaman Dasadarma dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa SMA Negeri 3 Wonogiri tahun 2013 yaitu terdiri pendorong yaitu minat dari siswa yang ingin mengikuti kegiatan kestrakurikuler pramuka, sarana dan prasarana yang mendukung dari sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu siswa tidak mau menunjukan bakatnya di depan umum karena mempunyai rasa takut dan malu, pengeruh dari pergaulan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler Pramuka.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Jul 2013 11:17
Last Modified: 26 Oct 2021 00:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24879

Actions (login required)

View Item View Item