HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP PENGELOMPOKAN BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA

SANTOSA , SURYA SANDRA DEWI (2008) HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP PENGELOMPOKAN BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030166.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
F100030166.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP PENGELOMPOKAN BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA Sikap terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik merupakan suatu kesiapan untuk bereaksi terhadap pengelompokan yang dilihat dari kemampuan akademik siswa. Perilaku belajar merupakan suatu wujud perubahan tingkah laku dalam diri individu atas dasar pengalaman atau adanya interaksi dengan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui hubungan antara sikap terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik dengan perilaku belajar siswa, 2) mengetahui sumbangan efektif bagi penelitian hubungan antara sikap terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik dengan perilaku belajar siswa, dan 3) mengetahui sikap siswa terhadap pengelompokan, 4) mengetahui perilaku belajar siswa. Hipotesisnya adalah ada hubungan antara sikap terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik dengan perilaku belajar siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Sambi, Boyolali. Subjek diambil dua kelas yaitu kelas 7c dan 7d. Adapun jumlah sampel keseluruhan dari kedua kelas tersebut yaitu 80 siswa. Pengambilan sampel tersebut dengan menggunakan cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan sistem per kelas atau per kelompok. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,463; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap siswa terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik dengan perilaku belajar siswa. Hal ini berarti variabel sikap siswa terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan atau mengukur variabel perilaku belajar siswa. Sumbangan efektif variabel sikap siswa terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik terhadap perilaku belajar siswa sebesar 21,4%. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel sikap siswa terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik mempunyai rerata empirik (RE) = 88,350 dan rerata hipotetik (RH) = 82,5 yang berarti sikap siswa terhadap pengelompokan berdasarkan kemampuan akademik pada subjek penelitian tergolong sedang yang berarti bahwa siswa menunjukkan sikap yang kurang positif dalam program pengelompokan. Sedangkan variabel perilaku belajar siswa diketahui rerata empirik (RE) = 86,738 dan rerata hipotetik (RH) = 80 yang berarti perilaku belajar siswa pada subjek penelitian tergolong sedang yang berarti bahwa siswa menunjukkan perilaku belajar yang kurang positif atau kurang peduli pada program pengelompokan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGELOMPOKAN BERDASARKAN KEMAMPUAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jun 2009 07:50
Last Modified: 16 Nov 2010 22:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item