Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Kelompok A TK PG Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Karsinah, Karsinah and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd, (2013) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Kelompok A TK PG Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK PG Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran dengan metode pembelajaran eksperimen dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif yaitu membandingkan ratarata kemampuan anak dengan indikator kinerja setiap siklus serta membandingkan pelaksanaan pembelajaran dengan prosedur pelaksanaan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak saat pra siklus 30,96%, Siklus I mencapai 69,04% dan pada Siklus II mencapai 84,04%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK PG Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, metode eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2013 08:19
Last Modified: 28 Oct 2021 22:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24867

Actions (login required)

View Item View Item