Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Di Kelompok A TK Islam Orbit I Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Isnaini, Tyas Suci and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Di Kelompok A TK Islam Orbit I Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
D_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan media FlashCard pada proses pembelajaran membaca huruf hijaiyah pada kelompok A, dengan mengidentifikasikan peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak yang meliputi mengenal huruf hijaiyah, melafalkan huruf hijaiyah, membedakan huruf hijaiyah yang berharokat dan membedakan huruf hijaiyah yang pengucapannya hampir sama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru dan peneliti sebagai pengamat dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari anak didik kelompok A di TK Islam Orbit I Surakarta. Data yang diperoleh peneliti dianalisis dengan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan hasil pengamatan dari indikator pada setiap siklus. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf ijaiyah anak kelompok A. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengumpulan data dari peneliti yang berupa wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes, dari lembar pengumpulan data tersebut pada setiap siklus ada peningkatan secara signifikan. Pada kegiatan membaca huruf hijaiyah yang dilakukan pra siklus 41,40%, setelah pelaksanaan tindakan siklus I sudah dapat meningkat menjadi 50,52%, pada siklus II 70,57% dan pada tidakan siklus III sudah menjadi lebih meningkat sampai 81,51% dan kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan tindakan mendapat respon dari anak yang positif karen pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih inovatif dan bermakna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Flash Card, Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 08:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24865

Actions (login required)

View Item View Item