Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Andriyani, Mirsa (2013) Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikas)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (261kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui bermain dengan media bola keranjang pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan Mei 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan ( planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan berhitung pada anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media bola keranjang dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak melalui kegiatan bermain dengan media bola keranjang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata pencapaian kemampuan berhitung pada anak meningkat dari prasiklus 45,8% menjadi 60,7% pada siklus I, siklus II menjadi 77,4%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan bola keranjang dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain, media, bola keranjang, kemampuan berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2013 07:45
Last Modified: 17 Jul 2013 07:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24861

Actions (login required)

View Item View Item