Mengembangkan Pengendalian Emosi Melalui Bercerita Pada Anak Kelompok B Di TK ABA Tawangmangu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Panem, Panem (2013) Mengembangkan Pengendalian Emosi Melalui Bercerita Pada Anak Kelompok B Di TK ABA Tawangmangu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (430kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (619kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tujuan umum adalah Untuk mendiskripsikan upaya pengembangan pengendalian emosi anak melalui metode bercerita pada TK ABA Tawangmangu, Karanganyar tahun 2013 dan tujuan khusus adalah untuk mengetahui seberapa besar pengembangan pengendalian emosi anak melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan pada anak kelompok B di TK ABA Tawangmangu, Karanganyar tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak ABA Tawangmanggu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kemampuan bercerita anak Taman Kanak-kanak ABA Tawangmanggu Karanganyar pada pra siklus anak yang dinyatakan tuntas ada 0 anak dari 16 anak (0 %), sedangkan yang belum tuntas ada 16 anak dari 16 anak (100 %). Pada siklus I dinyatakan tuntas ada 5 anak dari 16 anak (31,25 %), sedangkan yang belum tuntas ada 11 anak dari 16 anak (68,75 %). Pada siklus II dinyatakan tuntas ada 11 anak dari 16 anak (68,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 5 anak dari 16 anak (31,25 %). Pada siklus III yang dinyatakan tuntas ada ada 15 anak dari 16 anak (93,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 1 anak dari 16 anak (6,25 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode bercerita dapat mengembangkan pengendalian emosi anak TK ABA Tawangmangu Karanganyar tahun 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan, Pengendalian Emosi, Metode Bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2013 07:08
Last Modified: 17 Jul 2013 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24859

Actions (login required)

View Item View Item