Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Jigsaw Pada Anak Kelompok B-1 Di RA Al-Islam Kadipiro Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Sari, Furi Mirna and , Dr. Darsinah, SE, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Jigsaw Pada Anak Kelompok B-1 Di RA Al-Islam Kadipiro Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (958kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya pengenalan bentuk dan warna pada bentuk-bentuk geometri melalui media jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B-1 yang berjumlah 20 anak sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan di RA Al-Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Data tentang kemampuan kognitif dikumpulkan melalui metode observasi. Sedangkan data mengenai pembelajaran media jigsaw dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data kemampuan kognitif menggunakan analisis komparatif. Analisis data penggunaan pembelajaran media jigsaw menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif anak didik melalui media jigsaw. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan kognitif anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 53%, siklus I mencapai 70,2% dan siklus II mencapai 90,8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya pengenalan bentuk dan warna pada bentuk-bentuk geometri kelompok B-1 di RA Al-Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Jigsaw, Kemampuan Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 10:51
Last Modified: 22 Oct 2021 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24837

Actions (login required)

View Item View Item