Peningkatan Konsentrasi Belajar Melalui Penerapan Strategi Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Basyir, Ilham Abdul and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd. (2013) Peningkatan Konsentrasi Belajar Melalui Penerapan Strategi Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar melalui penerapan strategi Examples non Examples dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti, kepala sekolah SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, guru Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebelum penelitian sebesar 39,33%. Setelah ditetapkan strategi Examples non Examples dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, konsentrasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 58,67%, dan pada silkus II meningkat menjadi 76,67%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Penerapan Strategi Examples non Examples dapat Meningkatkan IV SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Examples non Examples, konsentrasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 10:37
Last Modified: 31 Oct 2021 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24833

Actions (login required)

View Item View Item