Perbandingan Strategi Pembelajaran Mind Map Dan Concept Map Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Hayati, Nur (2013) Perbandingan Strategi Pembelajaran Mind Map Dan Concept Map Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_bab_I.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Bab II)
02_bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
03_baba_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DA_PUS.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (583kB)

Abstract

Pembelajaran bukan hanya sekedar memberikan informasi yang diperlukan siswa tetapi pembelajaran ialah proses pengaturan lingkungan yang diarahkan untuk mengubah perilaku siswa kearah yang positif dan lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII pada pokok bahasan organisasi kehidupan dengan penerapan strategi pembelajaran Mind Map dan Concep Map. Hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif yaitu nilai postes selama tiga kali pertemuan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen pendidikan yaitu penelitian yang dapat menguji secara benar hipotesis yang menyangkut hubungan kausal. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sampel yang digunakan adalah kelas VII E sebagai kontrol , VII F sebagai ekasperimen 1 (Strategi pembelajaran Mind Map) dan VII G sebagai eksperimen II (Strategi Pembelajaran Concept Map). Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, dan postes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji lanjut hipotesis yang berupa uji non parametrik tes dengan menggunakan k-Independent Sample T Tes atau Kruskal Wallis test diperoleh nilai asyimp sig 0.013 pada postes pertama, 0.035 pada postes kedua dan 0.00 pada postes ketiga dengan taraf signifikasi 0.05, sehingga H0 ditolak. Jadi hasil belajar biologi pada materi organisasi kehidupan dengan strategi Mind Map dan Concept Map terdapat perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Concept Map lebih baik daripada Mind Map dengan rata-rata dari ketiga postes yaitu 76,8.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Mind Map, strategi Concept Map dan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 07:28
Last Modified: 16 Jul 2013 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item