Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Tutor Teman Sebaya Bagi Siswa Kelas VII A SMP N 2 Sine Tahun 2012/2013

Emawansyah N. Y, Richo and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Tutor Teman Sebaya Bagi Siswa Kelas VII A SMP N 2 Sine Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf

Download (746kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._bab_1_fix.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
4._bab_2_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] PDF (Bab III)
5._bab_3_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._bab_4_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab V)
7._bab_5_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_pustaka.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (652kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan strategi RME berbasis tutor teman sebaya. (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika dengan strategi RME berbasis tutor teman sebaya. Subyek penelitian yang dikenai tindakan siswa kelas VII A SMP N 2 Sine berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian peningkatan keaktifan belajar matematika diamati dari meningkatnya a) mampu mengajukan pertanyaan kondisi awal 40%, siklus I 44%, dan siklus II 72%, b) mampu menjawab pertanyaan kondisi awal 24%, siklus I 44%, dan siklus II 80%, c) mampu mengerjakan soal latihan kondisi awal 28%, siklus I 40%, dan siklus II 72%, d) mampu mengerjakan soal di depan kelas kondisi awal 16%, siklus I 32%, dan siklus II 60%. Penerapan strategi pembelajaran RME berbasis tutor teman sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII A SMP N 2 Sine.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, RME, tutor teman sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 11:58
Last Modified: 01 Nov 2021 22:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24812

Actions (login required)

View Item View Item