Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dan Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 3 Pabelan Tahun Ajaran 2012/2013

NATALIA, AYUK and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dan Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 3 Pabelan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
09_Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan Giving Question and Getting Answer pada pokok bahasan ekosistem kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan. semester II, yang terdiri dari 4 kelas. Sampel menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIIA sebagai eksperimen I (Numbered Head Together), kelas VIIC sebagai eksperimen II (Giving Question and Getting Answer) dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Teknik penentuan sampling menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes bentuk obyektif, aspek afektif dan dengan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, indeks kesukaran soal, daya beda, reliabilitas, dan pengujian hipotesis meliputi uji normalitas, homogenitas dan one way anova. Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung(3.76) > Ftabel(3,14), maka H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara tiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil postest siswa menggunakan model Giving Question and Getting Answer lebih tinggi (80,7) dibanding dengan Numbered Head Together (72,95) dan kontrol (70,68), hal ini juga didukung berdasar penilaian afektif siswa. Dari penilitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer lebih efektif digunakan untuk pembelajaran IPA materi Ekosistem kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Giving Question and Getting Answer, hasil belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 11:43
Last Modified: 03 Nov 2021 20:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24804

Actions (login required)

View Item View Item