Perilaku Mencari Pengobatan Pada Penderita Kanker Payudara (Studi Kasus pada Penderita Kanker Payudara yang Telah Berhasil Sembuh Menjalani Pengobatan Secara Medis)

Dewi, Eka Noviana and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2013) Perilaku Mencari Pengobatan Pada Penderita Kanker Payudara (Studi Kasus pada Penderita Kanker Payudara yang Telah Berhasil Sembuh Menjalani Pengobatan Secara Medis). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (323kB)

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti. Saat ini, kanker menempati peringkat kedua penyebab kematian setelah penyakit jantung. Kanker adalah pembelahan sel yang tidak terkendali. Sel-sel tersebut kemudian menyerang dan merusak jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Kanker payudara adalah kanker yang paling lazim pada wanita yang mempengaruhi satu dari sepuluh wanita pada suatu waktu dalam kehidupan mereka. Sebagian besar kanker payudara terjadi pada wanita lebih dari 99%. Faktor risiko penting berikutnya adalah umur wanita itu. Penyakit ini ditemukan lebih sering pada wanita yang lebih tua. Pada usia 25 tahun, risiko terkenanya kira-kira 1 : 20.000. Pada usia 35 tahun, telah bertambah menjadi kirakira 1 : 600 dan pada usia 50 tahun risikonya 1 : 50. Wanita yang lebih tua, yang telah melewati masa menapousenya adalah yang berisiko terbesar terkena kanker payudara. Itulah sebabnya, program penyaringan kanker payudara ditujukan kepada wanita yang lebih tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku mencari pengobatan pada penderita kanker payudara. Pertanyaan dari penelitian ini adalah bagaimana perilaku mencari pengobatan pada penderita kanker payudara? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dengan analisis deskriptif. Perilaku mencari pengobatan adalah upaya atau tindakan individu pada saat menderita penyakit atau kecelakaan. Hasil dari penelitian ini adalah: penderita kanker payudara melakukan tahapan mencari pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya, yaitu: mengalami gejala, asumsi tentang peran sakit, kontak dengan pelayanan kesehatan, peran dependen (penderita mempercayakan sepenuhnya pengobatannya kepada pelayanan kesehatan), dan pemulihan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perilaku mencari pengobatan, penderita kanker payudara
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 10:40
Last Modified: 26 Oct 2021 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24797

Actions (login required)

View Item View Item