Implementasi Pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual) Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Microsoft Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi Tahun Ajaran 2012/2013

Lisnawati, Reni and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Implementasi Pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual) Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Microsoft Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (466kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (275kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek afektif melalui Implementasi Pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual ) dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menggunakan Media Microsoft power point interaktif pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Dari penelitian ini diharapkan dapat mencapai peningkatan hasil belajar aspek kognitif sebesar 80 % dan afektif sebesar 70 % dari 26 siswa. Hasil belajar kognitif siswa sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan dari 26 siswa hanya 7 siswa yang dapat mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai belajar siswa aspek kognitif pada siklus I prosentase ketuntasan 77% dengan rata -rata nilai 75,8, pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat menjadi 92,3% dengan nilai rata-rata menjadi 83,07. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I dari siswa bertanya 38,4 %, siswa menjawab 46,1 %, siswa bertanggung jawab 65,4 %, siswa disiplin 69,2 %, pada siklus II prosentase siswa bertanya 73 %, siswa menjawab 88,4 %, siswa bertanggung jawab 96,2 %, siswa disiplin 84,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pendekatan SAVI ( Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual ) dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menggunakan Media Microsoft power point interaktif dapat meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Model Pembelajaran TGT, Microsoft power point interaktif, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2013 07:34
Last Modified: 03 Nov 2021 20:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24782

Actions (login required)

View Item View Item