Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Problem Solving Method Dan Group Ganze Method Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Toroh Purwodadi Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

Kusmiyati, Dewi (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Problem Solving Method Dan Group Ganze Method Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Toroh Purwodadi Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Toroh khususnya kelas VII. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak (random) dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama VIIA menerapkan pembelajaran problem solving method, kelas kedua VIID menerapkan pembelajaran group ganze method, dan kelas ketiga VIIE menerapkan pembelajaran kontrol (konvensiona)l. Pada penelitian ini menerapkan 3 materi yang berbeda yaitu ekosistem, pelestarian keanekaragaman hayati, dan pencemaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisa data menggunakan uji statistika One-Way ANOVA melalui program SPSS 15.0 for Windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran problem solving method sebesar (75,28±7,27) lebih tinggi dari pada menggunakan pembelajaran group ganze method sebesar (69,95±8,43) dan konvensional sebesar (63,78±11,35). Hasil uji hipotesis bahwa terlihat nilai Fhitung (11,803) lebih besar dari Ftabel (3,101). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=2,87) yaitu sebesar, maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran problem solving method, group ganze method, dan konvensional. Hasil uji lanjut anova pembelajaran problem solving method dan group ganze method 0,027 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran group ganze method dan kontrol 0,011<0,05, maka H0 ditolak maka terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran problem solving method dan kontrol 0,000<0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunujukan bahwa nilai pembelajaran problem solving method lebih tinggi dari nilai pembelajaran group ganze method dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan antara pembelajaran problem solving method, group ganze mehod dan konvensional dengan pembelajaran problem solving method yang efektif sedangkan untuk pembelajaran group ganze method dengan konvensional sama dengan selisih hasil analisis yang hampir sama, jadi pembelajaran group ganze method dan konvensional kurang efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem solving method, group ganze method, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2013 06:38
Last Modified: 15 Jul 2013 17:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24775

Actions (login required)

View Item View Item