Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Dd/Ct Dengan Media Power Point Pada Materi Bumi Dan Benda Langit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana 2 SMKN N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Masitoh, Umi and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Dd/Ct Dengan Media Power Point Pada Materi Bumi Dan Benda Langit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana 2 SMKN N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
2._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab iV)
4._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
5._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas X Program Keahlian Tata Busana 2 SMK Negeri 4 Surakarta yang terdapat kelemahan, antara lain: pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini yang mengakibatkan hasil belajar rendah yaitu hasil belajar siswa masih berada dibawah KKM (75) yaitu 13 siswa dari 36 siswa atau 36,11%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi bumi dan benda langit kelas X Program Keahlian Tata Busana 2 SMK Negeri 4 Surakarta dengan menerapkan pembelajaran DD/CT dengan media Power Point. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 3 langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran IPA biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan pembelajaran DD/CT dengan media Power Point yang di akhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 75) sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (36,11%), siklus I meningkat menjadi 25 siswa (69,44%) dan pada sikus II sebesar 29 siswa (80,55%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 63,36 meningkat pada siklus I yaitu 76,38 dan pada siklus II menjadi 84,22. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif dari penskoran indikator, skor nilai pada siklus I adalah 10,85 dengan kriteria kurang berminat, dan meningkat menjadi kriteria berminat pada siklus II dengan skor nilai 15,38. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran DD/CT dengan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi pada materi bumi dan benda langit kelas X Program Keahlian Tata Busana 2 SMK Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, DD/CT, Power Point, bumi dan benda langit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Jul 2013 07:46
Last Modified: 03 Nov 2021 20:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24768

Actions (login required)

View Item View Item