Pemanfaatan Daun Yakon (Smallanthus sonchifolius) Untuk Bahan Dasar Pembuatan Sirup Dengan Penambahan Buah Jamblang (Syzygium cumini) Dan Kayu Manis Sebagai Minuman Penurun Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Lestari, Wahyu Wiji and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Pemanfaatan Daun Yakon (Smallanthus sonchifolius) Untuk Bahan Dasar Pembuatan Sirup Dengan Penambahan Buah Jamblang (Syzygium cumini) Dan Kayu Manis Sebagai Minuman Penurun Gula Darah Bagi Penderita Diabetes. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_awal.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bba II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Daun Yakon mempunyai kandungan insulin tinggi yang dapat digunakan untuk menurunkan gula darah penderita diabetes. Sirup merupakan produk makanan olahan yang mudah dikonsumsi dan memiliki rasa segar. Dalam penelitian ini pembuatan sirup dengan penambahan buah jamblang dan kayu manis sebagai pemberi rasa serta pewarna alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan buah jamblang (Syzygium cumini) dan kayu manis terhadap organoleptik sirup. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan menggunakan pola rancangan faktorial yaitu 2 faktor perlakuan dari penambahan buah jamblang dan kayu manis dengan kadar yang berbeda dengan masing-masing 3 sub faktor yaitu: buah jamblang dan kayu manis. Jumlah total 9 perlakuan kombinasi antara ekstrak daun yakon 0 (kontrol) yang ditambah ekstrak buah jamblang 20, dan 40 ml, sedangkan untuk penambahan ekstrak kayu manis 20 dan 40 ml. Hasil uji organoleptik berupa data angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian ekstrak buah jamblang dan ekstrak kayu manis yang berbeda sangat berpengaruh terhadap kualitas organoleptik sirup daun yakon. Sirup daun yakon yang paling diterima pada pemberian 100 ml ekstrak daun yakon dengan penambahan 40 ml ekstrak buah jamblang dan 40 ml ekstrak kayu manis (perlakuan M2J2) yaitu warna merah muda dan rasa asam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: uji organoleptik, daun yakon, buah jamblang, kayu manis, sirup, diabetes.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Jul 2013 06:52
Last Modified: 28 Oct 2021 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item View Item