Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Guide Note Taking Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Ghozali, Sodiq Bagus and , Drs. Sumanto (2013) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Guide Note Taking Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Biologi melalui strategi Guided Note Taking terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang menggunakan strategi Guide Note Taking yang diterapkan di kelas VIII H yang dilaksanakan dalam satu siklus. Alasan dipilihnya strategi ini karena merupakan pembelajaran berbasis teks, mengerjakan soal untuk merangsang pemikiran siswa, menuntut siswa untuk bekerja aktif karena siswa bekerja secara individu. Metode yang dipakai untuk pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Parameter yang ditekankan dalam penelitian ini adalah aspek kognitif. Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif dimana peneliti menganalisis data perkembangan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif. Hasil belajar siswa pada pra siklus dengan KKM 70 rata-rata kognitifnya 67 dengan prosentase ketuntasan 41% siswa yang sudah mencapai KKM 70, dan siswa yang belum mencapai KKM 59% siswa. Hasil belajar pada siklus satu telah mengalami peningkatan nilai rata-rata 73 dengan prosentase ketuntasan 71% siswa telah mencapai KKM dan siswa yang belum mencapai KKM 29% siswa. Dalam penelitian ini pada siklus satu telah mengalami peningkatan yang baik, jadi tidak perlu diadakan penelitian lanjut (siklus II). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Guide Note taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo pada materi sistem peredaran darah pada manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi guided note taking, hasil belajar siswa (aspek kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2013 11:46
Last Modified: 03 Nov 2021 20:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24754

Actions (login required)

View Item View Item