Hasil Belajar Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII SMP Pancasila 15 Giriwoyo Tahun Ajaran 2012/ 2013 Menggunakan Metode Teams Games Tournament (TGT) Dan Make A Match Sebagai Kontrol

Eriyawati, Ririn and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Hasil Belajar Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII SMP Pancasila 15 Giriwoyo Tahun Ajaran 2012/ 2013 Menggunakan Metode Teams Games Tournament (TGT) Dan Make A Match Sebagai Kontrol. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
_Halaman_depan.pdf

Download (758kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara metode TGT dengan metode Make A Match sebagai kontrol terhadap hasil belajar struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas VIII SMP Pancasila 15 Giriwoyo tahun ajaran 2012/ 2013. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen I (metode TGT) dan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen II (metode Make A Match). Bentuk penelitian ini adalah eksperimen pendidikan. Tehnik pengumpulkan data dengan menggunakan wawancara, observasi, test, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa ditekankan pada hasil belajar kognitif. Pengambilan data hasil belajar menggunakan uji isntrumen soal sebanyak 20 item soal valid dan layak digunakan untuk post test. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan anova satu jalan (One Way Anova), sebelumnya dilakukan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil hipotesis menggunakan One Way Anova menunjukkan F hitung = 3,763 lebih kecil dari F tabel = 3, 996 diperoleh dari (df= 1, 62), dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 3,763 maka dapat disimpulkan Ho ditolak, sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kedua kelas perlakuan. Melihat rata-rata nilai post test menggunakan metode TGT = 81,45 dan metode Make A Match sebagai kontrol = 75,30. Dilihat dari rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar struktur dan fungsi jaringan tumbuhan menggunakan metode TGT lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode Make A Match sebagai kontrol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Teams Games Tournament (TGT), Metode Make A Match sebagai kontrol, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2013 10:44
Last Modified: 03 Nov 2021 20:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24745

Actions (login required)

View Item View Item