Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Cooperative Script Dan Artikulasi Materi Gerak Tumbuhan (Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)

Hasanah, Nurul and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Cooperative Script Dan Artikulasi Materi Gerak Tumbuhan (Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab iV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_publikasi.pdf

Download (719kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar siswa antara metode pembelajaran Cooperative Script dan Artikulasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental, bentuk Postest- Only Design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang. Sampel menggunakan tiga kelas yang diambil dari populasi, dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kontrol. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen I (belajar dengan metode Artikulasi), kelas VIII F sebagai kelas eksperimen II (belajar dengan metode Cooperative Script) dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, derajat kesukaran soal, daya beda, reliabilitas dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung (13,442) lebih besar dari Ftabel (3,09). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F apada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 102) yaitu sebesar 3,09 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis anova satu jalan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata nilai hasil postest siswa menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi (78,86) dibanding dengan metode pembelajaran Artikulasi (73) dan kontrol (66). Disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script lebih efektif digunakan dalam pembelajaran materi gerak tumbuhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Cooperative Script, Metode Pembelajaran Artikulasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2013 10:18
Last Modified: 03 Nov 2021 20:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24742

Actions (login required)

View Item View Item