Implementasi Karakter Religius Pada Anak Keluarga Perangkat Desa (Studi Kasus Di Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo)

Mahendra, Kholis and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2013) Implementasi Karakter Religius Pada Anak Keluarga Perangkat Desa (Studi Kasus Di Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter religius anak (studi tentang implementasi karakter religius pada anak keluarga perangkat di desa Wonorejo kecamatan Polokarto kabupaten Sukoarjo). Penelitian ini mengkaji mengenai profil anak keluarga perangkat desa, implementasi karakter religius pada anak keluarga perangkat desa wonorejo, kendala-kendala anak keluarga perangkat desa Wonorejo dalam mengimplementasi karakter religius, dan solusi untuk mengatasi kendala-kendala anak keluarga perangkat desa Wonorejo dalam mengimplementasi karakter religius. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitin ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di hasilkan simpulan yaitu (1) anak keluarga perangkat desa wonorejo dalam mengimplementasikan karakter religius terdapat dalam berbagai kegiatan yaitu sholat lima waktu, mengikuti pengajian, membaca al-qur’an, berbicara sopan kesesama, member salam kesesama, mengikuti kerja bakti, belajar kelompok, tidak mengajak teman non muslim sholat dan pengajian, (2) kendala-kendala anak keluarga perangkat desa wonorejo dalam mengimplementasikan karakter religius yaitu keasikan bermain dengan teman, sibuk dengan kegiatan-kegiatan lain, dan merasa malas dan kelupaan (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala anak keluarga perangkat desa wonorejo dalam mengimplementasikan karakter religius yaitu peran orang tua yang sering mengingatkan anaknya pada saat waktunya ibadah, dan peran teman yang mengingatkan pada saat diluar rumah jika waktunya ibadah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter religus, Anak keluarga perangkat desa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 10:53
Last Modified: 26 Oct 2021 00:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24738

Actions (login required)

View Item View Item