Peningkatan Keterampilan Menulis Naskahdrama Dengan Media Gambar Komik Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N 2 Sragen

Darmayanti, Dewi Safitri (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Naskahdrama Dengan Media Gambar Komik Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N 2 Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mendeskripsikan perubahan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media gambar komik pada siswa kelas XI IPS 3 SMA N 2 SRAGEN, (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan media gambar komik pada kelas XI IPS 3 SMA N 2 SRAGEN. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 2 SRAGEN. Data penelitian ini adalah data yang dikumpulkan dari berbagai perubahan berupa informasi tentang proses pembelajaran menulis naskah drama, kemampuan siswa dalam menulis naskah drama, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan (a) observasi, (b) wawancara atau diskusi, (c) analisis dokumen, dan (d) tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini berupa meningkatkam keaktifan siswa dalam menulis naskah drama dengan media gambar komikdari semula 12 (32,43%) siswa menjadi 30 (81,08%) siswa dan peningkatan keterampilan siswa dari semula 16(43,24%) menjadi 32 (86,48%) siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komik, Drama, Menulis Naskah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 10:01
Last Modified: 11 Jul 2013 12:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24734

Actions (login required)

View Item View Item