Perbandingan Strategi Pembelajaran Make A Match Dengan Card Sort Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII AMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013

Cahyawati, Eneng (2013) Perbandingan Strategi Pembelajaran Make A Match Dengan Card Sort Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII AMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan strategi pembelajaran Make a Match denganCard Sort terhadap hasil belajar pada materi IPA Biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Sampel menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII F sebagai eksperimen I (menggunakan strategi pembelajaran Card Sort), kelas VIII B sebagai eksperimen II (menggunakan strategi pembelajaran Make a Match ) dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, indeks kesukaran soal, daya beda, reliabilitas dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan a =5% menunjukkan Fhitung (33,656) lebih besar dari Ftabel (3,100069). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F pada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 88) yaitu sebesar 3,100069 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis One Way Anova diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada ketiga kelompok pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran Card Sort, Make a Match dan konvensional. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata nilai hasil postes siswa menggunakan strategi pembelajaran Make a Match lebih tinggi (76,5) dibanding dengan strategi pembelajaran Card Sort (71,2) dan kontrol (63,6). Disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Make a Match lebih baik/ efektif digunakan dalam pembelajaran materi IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Card Sort, Strategi Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jul 2013 10:35
Last Modified: 11 Jul 2013 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24733

Actions (login required)

View Item View Item