Bentuk Dan Posisi Tindak Persuasif Dalam Wacana Spanduk Di Lingkungan Pemerintahan Kota Surakarta: Kajian Pragmatik

Fadilah, Nurul (2013) Bentuk Dan Posisi Tindak Persuasif Dalam Wacana Spanduk Di Lingkungan Pemerintahan Kota Surakarta: Kajian Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (152kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua yaitu (1) mengklasifikasikan bentuk-bentuk tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintah kota Surakarta. (2) mengklasifikasikan posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintah kota Surakarta. Penelitian ini mengklasifikasikan bentuk-bentuk dan posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk yang ada di lingkungan pemerintahan kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah memfokuskan pada tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah tindak persuasif wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data tertulis, yaitu wacana spanduk yang ada di lingkungan pemerintahan kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan padan ekstralingual. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk-bentuk tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta ada lima kategori, yaitu bentuk tindak persuasif ajakan, perintah, bujukan, saran, dan meyakinkan. Adapun bentuk tindak persuasif tersebut dibagi menjadi enam kategori, yaitu dilihat dari segi politik, sosial, ekonomi, pendidikan, agama, dan kesehatan. Ada empat kategori posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta, yaitu posisi tindak persuasif anafora, katafora, tengah, dan campuran. Temuan dalam penelitian ini, pertama bentuk tindak persuasif yang paling dominan adalah bentuk tindak persuasif ajakan, dengan prosentase 23%. Posisi tindak persuasif yang paling dominan adalah posisi tindak persuasif anafora, dengan prosentase 70%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak persuasif dan spanduk
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 07:54
Last Modified: 11 Jul 2013 12:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24731

Actions (login required)

View Item View Item