Aspek Kepribadian Pada Anak Autis (Narendra) Dalam Novel Hades Karya Deasylawati Prasetyaningtyas: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Listyowati, Sri and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2013) Aspek Kepribadian Pada Anak Autis (Narendra) Dalam Novel Hades Karya Deasylawati Prasetyaningtyas: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (880kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (332kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA..pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (766kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendiskripsikan struktur novel Hades karya Deasylawati Prasetyaningtyas. (2) Mendiskripsikan aspek kepribadian pada anak autis (Narendra) dalam novel Hades karya Deasylawati Prasetyaningtyas tinjauan dari psikologi sastra. (3) Memaparkankan implementasi aspek kepribadian pada anak autis dalam novel Hades sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek kepribadian pada anak autis (Narendra) dalam novel Hades karya Deasylawati Prasetyaningtyas. Sumber data primer adalah novel Hades karya Deasylawati Prasetyaningtyas, dan data sekundernya adalah buku-buku yang menjadi acuan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik yakni, pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural terhadap novel Hades dapat diperoleh tema novel Hades adalah kebohongan yang berakhir kehancuran. Alur diawali dengan tahap penyituasian, pemunculan konflik, peningkatan konflik, klimaks, dan penyelesaian konflik secara urut. Latar tempat ada di Jakarta, Solo dan Bandung, namun lebih di dominasi di Bandung. Latar waktu berkisar tahun 2008. Latar sosial yang terdapat di dalam novel Hades dilihat dari status sosial kehidupan tokoh, cara berfikir dan kebiasaan hidupnya. Tokoh digambarkan berdasarkan fisiologis, psikologis, dan sosiologisnya. Berdasarkan analisis kepribadian pada tokoh Narendra menggunakan teori Kretschmer, disimpulkan tokoh Narendra masuk kategori schizophrenia dengan ciri-ciri 1) sukar mengadakan kontak dengan dunia sekitarnya, 2) suka mengasingkan diri, 3) menutup diri sendiri, 4) tidak menghiraukan sekitarnya. Implementasi aspek kepribadian tokoh Narendra pada novel Hades sebagai bahan ajar sastra terdapat pada standar kompetensi membaca 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ terjemahan. Kompetensi dasar 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia /terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kepribadian, analisis struktur, bahan ajar sastra di SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 06:27
Last Modified: 31 Oct 2021 01:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24726

Actions (login required)

View Item View Item