Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013)

Indriani, Suheni and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko (2013) Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman nilai-nilai nasionalisme pada siswa kelas VII, mendeskripsikan usaha penanaman nilai-nilai nasionalisme yang dilakukan guru melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII, mendeskripsikan partisipasi dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII, dan menggambarkan pelaksanaan penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013. Metode penelitian ini yaitu studi kasus, karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dari suatu peristiwa dalam suatu kelompok. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen / arsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman nilai-nilai nasionalisme pada siswa kelas VII sudah baik, terlihat dari siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas sudah senantiasa mengamalkan nilai-nilai nasionalisme, 2) Usaha penanaman nilai-nilai nasionalisme yang dilakukan guru melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII yaitu guru selalu mengecek kelengkapan buku paket dan tugas siswa sebelum memulai pembelajaran, guru selalu memberi kesempatan siswa untuk bertanya, dan guru memotivasi siswa untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta mencintai kebudayaan / produk asli dalam negeri, 3) Partisipasi dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII yaitu, siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan upacara dan pramuka, 4) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013 yaitu, tercermin pada keinginan menjadi warga negara yang baik, setia terhadap negara, menghormati negara dalam keadaan apapun, dan senantiasa mencintai negara. Nilai-nilai nasionalisme tersebut diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas, interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru baik di dalam maupun di luar kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai, nasionalisme, pembelajaran PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 06:14
Last Modified: 26 Oct 2021 00:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24725

Actions (login required)

View Item View Item