Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW) (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013)

Astutik, Endri Dwi and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW) (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (23MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW), untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan, untuk mengetahui hambatan-hambatan yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW), untuk mengetahui solusi untuk mengatasi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah studi kasus, karena hanya fokus pada kasus tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta diberikan pada kegiatan ekstrakurikuler banyak nilainilai karakter yang terselip di dalamnya, salah satunya adalah pendidikan karakter kepedulian sosial, sehingga pelan-pelan dapat merubah karakter siswa yang semua kurangnya rasa antar sesama menjadi siswa yang mempunyai rasa antar sesama dan kepedulian sosial yang tinggi. 2) Bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pendidikan karakter kepedulian sosial dapat ditumbuhkan dengan melalui berbagai cara antara lain bakti sosial, bersedekah, donor darah, pengumpulan dana, bantuan bencana dan tolong menolong. 3) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yaitu faktor intern (kurangnya minat, motivasi, semangat) dan faktor ekstern yaitu faktor keluarga, lingkungan, media elektronik, alam (cuaca), serta sarana dan prasarana. 4) Solusi untuk mengatasi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah memberikan pengarahan, tanggungjawab dan menumbuhkan sikap peduli sosial yang baik secara individu maupun kelompok dalam setiap kegiatan, serta memberi hukuman bagi siswa yang kurang disiplin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan karakter, Kepedulian sosial, Hisbul Wathan (HW)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 05:21
Last Modified: 26 Oct 2021 00:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24722

Actions (login required)

View Item View Item