Meningkatkan Kerjasama Melalui Permainan Bakiak Pada Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain (KB) “Khanza Kids” Tegaldowo Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Putri, Mahdalena Purwesti and , Drs. Haryono Yuwono, SE and , Wili Astuti, S.Pd., M.Hum (2013) Meningkatkan Kerjasama Melalui Permainan Bakiak Pada Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain (KB) “Khanza Kids” Tegaldowo Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya kerjasama pada anak, kerjasama sebagai dasar dalam bersosialisasi antara seseorang dengan orang lain, manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga kerjasama pada anak usia dini perlu ditingkatkan. Permasalahan di Kelompok Bermain (KB) ”KHANZA KIDS”, kerjasama anak dalam hal terlibat aktif dalam permainan, sikap toleran dalam bekerja kelompok, menghargai orang lain masih rendah. Hal ini disebabkan metode pembelajaran tentang kerjasama kurang menarik dan media yang digunakan kurang bervariasi serta anak tidak mau bermain dengan teman. Sehingga kemampuan kerjasama anak tidak dapat berkembang secara optimal. Kerjasama perlu ditingkatkan, oleh karena itu diperlukan metode dan media yang menarik dan bervariasi. Salah satu cara untuk meningkatkan kerjasama anak adalah melalui permainan bakiak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok usia 3-4 tahun Kelompok Bermain (KB) “KHANZA KIDS” Tegaldowo Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Data kerjasama anak dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kerjasama anak melalui permainan bakiak yakni sebelum tindakan 28,93%, siklus I mencapai 50,46%, siklus II mencapai 68,05%, siklus III mencapai 80,78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan bakiak dapat meningkatkan kerjasama anak kelompok usia 3-4 tahun Kelompok Bermain (KB) “KHANZA KIDS” Tegaldowo Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan bakiak, kerjasama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Jul 2013 12:21
Last Modified: 22 Oct 2021 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24721

Actions (login required)

View Item View Item