Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka Dalam Menumbuhkan Sikap Bela Negara Bagi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gatak Tahun Pelajaran 2012/2013

Listiyono, Tri and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka Dalam Menumbuhkan Sikap Bela Negara Bagi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gatak Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (680kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka dalam menumbuhkan Sikap Bela Negara bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gatak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa ketika berlangsungnya kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu pertama, trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, siswa kelas VII. Kedua, teknik pengumpulan data yang berasal dari hasil observasi dan wawancara. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, 1. upaya dalam menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan NKRI serta mengamalkan Pancasila terjadi pada saat melakukan ibadah, menghargai agama lain, dan berdoa bersama sebelum kegiatan, 2. upaya dalam menolong sesama hidup dan ikut serta dalam membangun masyarakat dalam hal membiasakan saling membantu antar sesama teman baik materiil maupun spiritual, senior membantu junior dalam hal pembinaan Kepramukaan, 3. menepati Dasadarma Pramuka dengan baris-berbaris, halang rintang, Wide Game, upacara, kegiatan perkemahan, sholat berjamaah, bergaul dengan teman, bertutur kata dengan sopan, bermusyawarah, menolong tanpa pamrih dan kegiatan-kegiatan Pramuka yang lain, 4. Kendala-kendala yang dihadapi dari Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka dalam menumbuhkan sikap bela Negara bagi siswa kelas VII yaitu diantaranya yang paling utama adalah kerajinan dan kehadiran siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka khususnya untuk siswa yang laki-laki, 5. mengatasi kendala-kendala Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka dalam menumbuhkan sikap bela Negara bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gatak Tahun pelajaran 2012/2013. pemberian sanksi dan pengarahan kepada siswa yang tidak masuk, sanksi tesebut hanya sebatas hukuman ringan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Trisatya Gerakan Pramuka, Sikap Bela Negara
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 11:45
Last Modified: 26 Oct 2021 00:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24719

Actions (login required)

View Item View Item