PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENDEKATAN LEARNING COMMUNITY DENGAN MENGGUNAKAN TUTOR SEBAYA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP 1 Wadaslintang, Wonosobo)

KUSUMA, FIBRIAN HENDRA (2008) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENDEKATAN LEARNING COMMUNITY DENGAN MENGGUNAKAN TUTOR SEBAYA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP 1 Wadaslintang, Wonosobo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040216.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
A410040216.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, (2) meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran Learning Community dengan menggunakan tutor sebaya pokok bahasan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP 1 Wadaslintang yang berjumlah 42 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) peningkatan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang meliputi: (a) mendefinisikan konsep meningkat dari 9,52% menjadi 64,28%, (b) mengeksplorasi konsep meningkat dari 14,28% menjadi 71,42%, (c) mengaplikasikan konsep meningkat dari 11,90% menjadi 78,57%. (d) kerjasama meningkat dari 4,76% menjadi 83,33%. (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang meliputi: (a) latihan mandiri meningkat dari 45,24% menjadi 80,95%, (b) latihan terkontrol meningkat dari 57,14% menjadi 78,57%, (c) tugas mandiri meningkat dari 61,90% menjadi 83,33%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pembelajaran Learning Community dengan menggunakan tutor sebaya. Kata kunci : pemahaman konsep, hasil-belajar, learning community, tutor sebaya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, hasil-belajar, learning community, tutor sebaya
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Jun 2009 06:38
Last Modified: 29 Dec 2010 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item View Item