Peningkatan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pythagoras Dengan Menggunakan Software Geogebra (PTK Siswa Kelas VIII D Semester I SMP N 1 Musuk Tahun Ajaran 2012/2013)

Nugroho, Firman Ady and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pythagoras Dengan Menggunakan Software Geogebra (PTK Siswa Kelas VIII D Semester I SMP N 1 Musuk Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar terhadap pemahaman konsep materi Pythagoras pada siswa kelas VIII DSMP Negeri 1 Musuk dengan dengansoftware GeoGebra. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Musuk yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII D SMP N 1 Musuk. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajardanpemahamankonsepmateri Pythagoras, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator minat belajar dan pemahaman konsep, yaitu: (1) menjawab pertanyaan meningkat dari 20,0% menjadi 68,6%, (2) meyampaikan gagasan meningkat dari 25,7% menjadi 71,4% (3) siswa dapat menyatakan konsep ulang Pythagoras meningkat dari 48,6% menjadi 88,6% (4) siswa dapat memberikan contoh dan noncontoh Pythagoras meningkat dari 22,6% menjadi 71,4% (5) siswa dapat menerapkan Pythagoras dalam kehidupan sehari – hari meningkat dari 22,6% menjadi 74,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan software GeoGebra dapat meningkatkan minat belajar terhadap pemahaman konsep materi Pythagoras pada siswa kelas VIII D SMP N 1 Musuk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, pemahaman konsep, software GeoGebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 07:50
Last Modified: 01 Nov 2021 22:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24697

Actions (login required)

View Item View Item