Sumarni, Lilis and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Learning Cycle ‘5E’ (PTK Pada Siswa Kelas VII PK Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (845kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (849kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Learning Cycle „5E‟. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 23. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan pemahaman konsep siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) siswa yang mampu menyajikan pernyataan matematika lisan, tertulis, dan gambar sebelum tindakan 17,39% setelah tindakan 86,96%; 2) siswa yang mampu menarik kesimpulan dari pernyataan sebelum tindakan 17,39% setelah tindakan 73,91%; 3) siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan 13,04% setelah tindakan 78,26%; 4) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep dalam memecahkan masalah sebelum tindakan 21,74% setelah tindakan 73,91%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model Learning Cycle „5E‟ dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi dan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, Learning Cycle ‘5E’, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 07:43 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24696 |
Actions (login required)
View Item |