Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Make A Match (PTK Kelas VII B SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Fawaida, Lutfiatul and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Make A Match (PTK Kelas VII B SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (685kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penerima tindakan yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 26 siswa dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matematika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari: pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator keaktifan, yaitu: (1) siswa bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 39% dan setelah tindakan mencapai 89%, (2) siswa menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 42% dan setelah tindakan mencapai 85%, (3) siswa berani mempresentasikan jawaban di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 35% dan setelah tindakan mencapai 77%, dan (4) siswa berani menanggapi pendapat siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 31% dan setelah tindakan mencapai 81%. Hasil belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan, yaitu sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM ≥ 80 hanya 69% dan setelah tindakan mencapai 96%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Make A Match, keaktifan, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 07:25
Last Modified: 01 Nov 2021 22:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24695

Actions (login required)

View Item View Item