Kontribusi Lingkungan Keluarga, Keaktifan Dan Ketersediaan Alat Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Semester Gasal SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013

Susilowati, Desi Eko and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Kontribusi Lingkungan Keluarga, Keaktifan Dan Ketersediaan Alat Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Semester Gasal SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (519kB)

Abstract

Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi secara tidak langsung lingkungan keluarga, keaktifan dan ketersediaan alat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi berprestasi, (2) menguji kontribusi secara langsung lingkungan keluarga, keaktifan dan ketersediaan alat belajar terhadap motivasi berprestasi, (3) menguji kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Populasi penelitian 103 siswa kelas X SMK Prawira Marta Kartasura. Sampel 82 siswa dengan rumus solvin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur, sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian, (1) Ada kontribusi secara tidak langsung lingkungan keluarga, keaktifan dan ketersediaan alat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi berprestasi (α=0,05). Lingkungan keluarga berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi berprestasi dengan IE=0,095; Keaktifan berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi berprestasi dengan IE=0,146; Ketersediaan alat belajar berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi berprestasi dengan IE=0,046. (2) Ada kontribusi secara langsung lingkungan keluarga, keaktifan dan ketersediaan alat belajar terhadap motivasi berprestasi (α=0,05). Lingkungan keluarga berpengaruh langsung terhadap motivasi berprestasi dengan DE=0,050; Keaktifan berpengaruh langsung terhadap motivasi berprestasi dengan DE=0,357; Ketersediaan alat belajar berpengaruh langsung terhadap motivasi berprestasi dengan DE=0,081. (3) Ada kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar (α=0,05), dengan DE=0,335.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, keaktifan, alat belajar, motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 07:07
Last Modified: 01 Nov 2021 22:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24692

Actions (login required)

View Item View Item