UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1Wonosari)

SETIAWAN, BASUKI (2008) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1Wonosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040183.pdf

Download (511kB)
[img] PDF
A410040183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII C SMP N 1 Wonosari, subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C sejumlah 40 siswa dan peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1). keaktifan bertanya siswa mengalami peningkatan, yaitu diawal tindakan sebesar 6 siswa (15%) dan diakhir tindakan menjadi 15 siswa (37,5%), 2). kemampuan pemecahan masalah soal matematika mengalami peningkatan yang meliputi (a). Kemampuan siswa dalam memahami masalah diawal tindakan sebesar 22 siswa (55,5%) dan diakhir tindakan menjadi 35 siswa (87,5%). (b) kemampuan siswa dalam memilih pendekatan atau strategi pemecahan diawal tindakan sebesar 20 siswa (50%) dan diakhir tindakan menjadi 33 siswa ( 82,5%), (c) kemampuan siswa dalam menyelesaikan model diawal tindakan sebesar 17 siswa ( 47,5%) dan diakhir tindakan menjadi 31 siswa (77,5%) dan (d) kemampuan siswa dalam menafsirkan solusi diawal tindakan sebesar 15 siswa (37,5%) dan diakhir tindakan menjadi 29 siswa ( 72,5%). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal matematika. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel juga mengalami peningkatan yang cukup berarti. Kata kunci : Berfikir Kritis, Pembelajaran Kooperatif, Sistem Persamaan,

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berfikir Kritis, Pembelajaran Kooperatif, Sistem Persamaan,
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Jun 2009 06:30
Last Modified: 16 Nov 2010 22:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item