Perbandingan Pembelajaran Index Card Match Dan Card Sort Menggunakan Collaborative Teaching Tipe Station Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem (Kelas VII MTs Negeri SURAKARTA II Tahun Ajaran 2012/2013)

Wulandari, Siti and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbandingan Pembelajaran Index Card Match Dan Card Sort Menggunakan Collaborative Teaching Tipe Station Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem (Kelas VII MTs Negeri SURAKARTA II Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (881kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (541kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan antara pembelajaran dengan metode index card match yang menggunakan collaborative teaching tipe station dan pembelajaran dengan metode card sort yang menggunakan collaborative teaching tipe station terhadap hasil belajar pada materi ekosistem siswa kelas VII MTs Negeri SURAKARTA II Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pendidikan. Penelitian ini mengambil lokasi di MTs Negeri SURAKARTA II. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Negeri SURAKARTA II Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 127 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, analisis variansi satu jalur (one way anava). Berdasarkan analisis variansi satu jalur (one way anava) diperoleh nilai probabilitas < taraf signifikansi (0,004 < 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan pembelajaran dengan metode index card match yang menggunakan collaborative teaching tipe station dan pembelajaran dengan metode card sort yang menggunakan collaborative teaching tipe station terhadap hasil belajar pada materi ekosistem siswa kelas VII MTs Negeri SURAKARTA II Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode index card match, metode card sort, dan collaborative teaching tipe station.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jul 2013 06:44
Last Modified: 31 Oct 2021 23:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24687

Actions (login required)

View Item View Item