Uji Protein Dan Organoleptik Kue Bolu Dengan Penambahan Tepung Biji Munggur (Pithecolobium saman) DAN UBI UNGU (Ipomoea batatas)

Istiqomah, Ina and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Uji Protein Dan Organoleptik Kue Bolu Dengan Penambahan Tepung Biji Munggur (Pithecolobium saman) DAN UBI UNGU (Ipomoea batatas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (382kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (109kB)

Abstract

Biji dari tanaman munggur mempunyai kandungan protein yang tinggi yang dapat digunakan dalam pembuatan produk makanan. Bolu merupakan produk makanan olahan yang berbahan dasar tepung terigu. Dalam penelitian ini pembuatan bolu dengan penambahan tepung biji munggur dan ubi ungu sebagai pemberi pewarna alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung biji munggur (Pithecolobium saman) dan ubi ungu (Ipomoea batatas) terhadap kadar protein dan organoleptik bolu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan menggunakan pola rancangan faktorial yaitu 2 faktor perlakuan dari penambahan tepung biji munggur dan ubi ungu dengan kadar yang berbeda dengan masing-masing 3 sub faktor yaitu: tepung biji munggur dan ubi ungu. Jumlah total 9 perlakuan kombinasi antara tepung biji munggur 0 (kontrol), 10, dan 20% bahan, sedangkan untuk penambahan ubi ungu 0 (kontrol), 10 dan 20% bahan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penambahan tepung biji munggur dan ubi ungu berpengaruh terhadap kadar protein bolu. Kadar protein tertinggi yaitu 4.18/gr pada perlakuan tepung biji munggur 20% dan ubi ungu 20% (M2U2), sedangkan kadar protein terendah yaitu 3.84/gr pada perlakuan tanpa penambahan tepung biji munggur dan ubi ungu (M0U0). Hasil uji organoleptik bolu tepung biji munggur dan ubi ungu yang meliputi warna, rasa, aroma dan tekstur. Warna bolu yang dihasilkan yaitu pada perlakuan M0U0 dan M0U2 ungu sedang. Warna kecoklatan dipengaruhi pada kombinasi tepung biji munggur. Untuk rasa pada perlakuan tanpa tepung biji munggur dengan ubi ungu 20% (M0U2), aroma bolu agak khas bolu pada perlakuan tanpa penambahan tepung biji munggur, dan untuk tekstur dari bolu lembut yaitu pada bolu tanpa penambahan tepung biji munggur dan tanpa penambahan ubi ungu (M0U0).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: uji protein, uji organoleptik, tepung biji munggur, ubi ungu, bolu.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jul 2013 06:34
Last Modified: 31 Oct 2021 23:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24685

Actions (login required)

View Item View Item