Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Problem Solving pada siswa kelas 5 SD Negeri Cepokosawit II Tahun Ajaran 2012/2013

Hamim, Muhammad Nur and , Drs. Muhroji, M.Si. and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Problem Solving pada siswa kelas 5 SD Negeri Cepokosawit II Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (687kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (497kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui metode Problem Solving pada siswa Kelas V semester I SDN Cepokosawit II Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Sedangkan obyek penelitiannya adalah metode Problem Solving. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknikan alisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Dari analisis hasil evaluasi yang dilakukan peneliti pada materi geometri matematika, menunjukkan bahwa pada siklus I dari 13 siswa yang hadir terdapat 69.21% yang mendapat nilai  70, sebagai KKM. Pada siklus II dari 13 siswa yang hadir terdapat 92.29 % yang mendapat nilai  70, sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 31.25% dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem solving, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 09 Jul 2013 12:24
Last Modified: 31 Oct 2021 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24681

Actions (login required)

View Item View Item