Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun di BA Aisyiyah Tambakboyo Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Putri, Selly Lutfiana and , Drs. Hasto Daryanto M.Pd (2013) Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun di BA Aisyiyah Tambakboyo Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (514kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui penerapan media audio visual pada usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Tambakboyo Pedan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan kelompok A BA Aisyiyah Tambakboyo Pedan Klaten. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan membaca huruf hijaiyah dan data tentang prosedur pembelajaran huruf hijaiyah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui penerapan media audio visual dan mengamati tindakan guru saat menerapkan media audio visual Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III dan analisis interaktif untuk mengetahui pembelajaran melalui penerapan media audio visual. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah anak di BA Aisyiyah Tambakboyo Pedan Klaten mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 33,95%, siklus I mencapai 45,95 %, siklus II mencapai 69,99 %, dan pada siklus III mencapai 87,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Media Audio Visual dapan meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Tambakboyo Pedan Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: huruf hijaiyah, media audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:51
Last Modified: 22 Oct 2021 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24675

Actions (login required)

View Item View Item