Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Materi Gerak Tumbuhan Kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2012/2013

Utomo, Eskatur Nanang Putro and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Materi Gerak Tumbuhan Kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_awal.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kondisi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit yang masih memiliki kekurangan, yaitu: kondisi siswa yang pasif, kurang adanya motivasi belajar, siswa cenderung gaduh, dan pembelajaran masih berjalan satu arah, sehingga membuat hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2012/2013 pada aspek kognitif dan aspek afektif pada materi gerak pada tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi inside outside circle yang dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa kelas VIII A pada aspek kognitif dengan diadakan posttest setiap siklus dan penilaian terhadap sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) yang dilakukan oleh peneliti dan kolaborator. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif yaitu 6,45 dari nilai awal yaitu 5, sedangkan pada aspek afektif yaitu 10,65 (termasuk dalam kategori kurang berminat). Rata-rata nilai pada aspek kognitif untuk siklus II mengalami peningkatan menjadi 8,15, sedangkan untuk rata-rata nilai pada aspek afektif juga mengalami peningkatan menjadi 12,15 (termasuk dalam kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran inside outside circle dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif dan aspek afektif siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif dan afektif, strategi pembelajaran inside outside circle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:49
Last Modified: 31 Oct 2021 23:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24674

Actions (login required)

View Item View Item