Pengaruh Minat, Lingkungan Belajar Dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Prayogo, M. Agung Suryo and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M (2013) Pengaruh Minat, Lingkungan Belajar Dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (424kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) mengetahui pengaruh minat terhadap prestasi belajar; 2) mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar; 3) mengetahui pengaruh interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar; dan 4) mengetahui pengaruh antara minat, lingkungan belajar dan interaksi belajar mengajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Muhammadiyah 1 Sragen kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 135 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 100 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 2,039 + 0,069X1 + 0,043X2 + 0,074X3 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh minat belajar, lingkungan belajar dan interaksi belajar mengajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel (4,403 > 1,984) dan P value (0,000 < 0,05); (2) lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel (2,319 > 1,984) dan P value (0,000 < 0,05); (3) interaksi belajar mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel (4,464 > 1,984) dan P value (0,000 < 0,05); dan (4) minat, lingkungan belajar dan interaksi belajar mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel (15,293 > 2,699) dan P value (0,000 < 0,05). Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi minat belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 13% (X1), lingkungan belajar sebesar 5% (X2), sedangkan interaksi belajar mengajar memberikan kontribusi sebesar 14% (X3), sehingga total sumbangan efektif minat, lingkungan belajar dan interaksi belajar mengajar dalam meningkatkan prestasi belajar IPS ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen adalah sebesar 32,3% (R2), sedangkan 67,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, lingkungan belajar, interaksi belajar mengajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:44
Last Modified: 29 Oct 2021 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24673

Actions (login required)

View Item View Item