Analisis Hubungan Antara Perputaran Kredit Dan Modal Kerja Dengan Rentabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam KPRI SMPN 7 Sukoharjo

Purnamasari, Arini and , Drs.H.M.Yahya,M.Si and , Dra.Titik Asmawati, S.E, M.Si (2013) Analisis Hubungan Antara Perputaran Kredit Dan Modal Kerja Dengan Rentabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam KPRI SMPN 7 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara perputaran kredit dan modal kerja dengan rentabilitas pada Koperasi Simpan Pinjam KPRI SMPN 7 Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam KPRI SMPN 7 Sukoharjo. Waktu penelitian dilakukan antara tanggal 01 Februari – 14 Februari 2013. Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian.. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam KPRI SMPN 7 Sukoharjo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis ratio dan analisis korelasi. Analisa ini digunakan untuk mengetahui kuat tidaknya keeratan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa : perputaran kredit KPRI SMPN 7 Sukoharjo pada tahun 2007 – 2012 sekitar 0,89 – 1,27 kali, sehingga dapat disimpulkan bahwa KPRI SMP 7 Sukoharjo belum memiliki manajemen yang baik dalam mengelola piutang koperasi. Modal kerja yang digunakan KPRI SMPN 7 Sukoharjo mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa KPRI SMPN 7 Sukoharjo tidak mengalami kendala dalam hal permodalan yang digunakan untuk menjalankan unit usaha koperasi. Kondisi rentabilitas ekonomi (ROI) pada KPRI SMPN 7 Sukoharjo dapat dikatakan masih dibawah standar efisiensi yang ditetapkan oleh Departemen Koperasi dan UKM sebesar 10%-14%, rata rata rentabilitas ekonomi adalah sebesar 3,34% hal ini menunjukkan bahwa tiap Rp. 100 modal usaha yang dikelola KPRI mampu menghasilkan SHU sebesar 3,34% atau Rp.3,34 tiap tahun yang berarti juga bahwa KPRI SMPN 7 Sukoharjo belum mampu dalam mengelola harta yang dimiliki secara efisien Korelasi antara perputaran kredit dengan rentabilitas adalah sebesar 0,690 sehingga dapat disimpulkan bahwa perputaran kredit dengan rentabilitas mempunyai hubungan yang kuat. Korelasi antara modal kerja dengan rentabilitas adalah sebesar 0,349 sehingga dapat disimpulkan bahwa perputaran kredit dengan rentabilitas mempunyai hubungan yang lemah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SHU, Rentabilitas, Perputaran Kredit, Modal Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:23
Last Modified: 29 Oct 2021 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24671

Actions (login required)

View Item View Item