PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Wonosari)

NURROFIQ, ACHMAD (2008) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Wonosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040141.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A410040141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII yang terdiri dari enam kelas dan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelompok eksperimen siswa kelas VIIIB dengan jumlah 38 siswa, sedangkan kelompok kontrol siswa kelas VIIIC dengan jumlah 38 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode tes, dokumentasi dan observasi. Persyaratan uji analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis dengan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil pengujian hipotesis menggunakan α = 5% menunjukkan: (i) FA = 7,51 berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (ii) FB = 90,75 berarti ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dan (iii) FAB = 0,14 berarti tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada prestasi menggunakan model pembelajaran konvensional. Demikian pula jika ditinjau dari kemampuan awal siswa, bahwa kemampuan awal yang lebih tinggi memberikan prestasi belajar lebih baik dari prestasi belajar dari kemampuan awal sedang maupun rendah. Kata kunci: pembelajaran, kooperatif, kemampuan, prestasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kooperatif, kemampuan, prestasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Jun 2009 06:20
Last Modified: 16 Nov 2010 22:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item