Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013

Handayani, Ani (2013) Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (537kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I_NEW.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II_NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III_NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (200kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan lembar keja siswa dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013 Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. Sampel diambil sebanyak adalah 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,429 + 0, 462 X1 + 0, 286 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kemanfaatan lembar keja siswa dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemanfaatan lembar kerja siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung variabel kemanfaatan lembar kerja siswa (X1) sebesar 3,222 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 2) Kemandirian belajar bepengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung variabel lingkungan sosial (X2) sebesar 2,865 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 3) Kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (16,907 > 3,15) pada taraf signifikansi 5%. 4)Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 22,2% dan variabel kemandirian belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 13,3% sehingga total sumbangan kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah sebesar 35,5%. Dalam penelitian ini variabel kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar memiliki kontribusi yang cukup kecil terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemanfaatan Lembar Keja Siswa, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 09:45
Last Modified: 09 Jul 2013 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24663

Actions (login required)

View Item View Item