Perbandingan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Spelling Puzzle Dan Crossword Puzzle Kelas VII SMP Negeri 2 Gondang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Rahayu, Sri and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Spelling Puzzle Dan Crossword Puzzle Kelas VII SMP Negeri 2 Gondang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara penggunaan strategi spelling puzzle dengan crossword puzzle ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gondang Sragen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gondang Sragen tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen I (spelling puzzle), kelas VII B sebagai kelas eksperimen II (crossword puzzle) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi dan pemberian test. Teknik analisis data menggunakan uji statistika one-way anova melalui program SPSS 16.0 for windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran spelling puzzle sebesar (74,21±5,94) lebih tinggi dari pada menggunakan crossword puzzle sebesar (70,20±4,87) dan konvensional sebesar (67,65±5,87). Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (11,213) lebih besar dari Ftabel (3,095), maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran eksperimen yaitu pembelajaran spelling puzzle, crossword puzzle dan konvensional. Hasil uji lanjut anova pada pembelajaran spelling puzzle dan crossword puzzle 0,005<0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran spelling puzzle dengan konvensional 0,000<0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran crossword puzzle dengan konvensional 0,071>0,05, maka H0 diterima jadi tidak ada perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunujukan bahwa nilai pembelajaran Spelling Puzzle lebih tinggi dari nilai pembelajaran Crossword Puzzle dan konvnsional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan penggunaan pembelajaran Spelling Puzzle, Crossword Puzzle dan konvensional di SMPN 2 Gondang Srageen. Pembelajaran yang berbeda terlihat dari hasil belajar biologi aspek kognitif dan afektif. Pembelajaran menggunakan Spelling Puzzle lebih tinggi hasil belajar daripada Crossword Puzzle dan konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: spelling puzzle, crossword puzzle, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:12
Last Modified: 31 Oct 2021 23:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item