Supriyanto, Agung and , Drs. Sumanto (2013) Efektifitas Penggunaan Metode Kooperatif Dengan Model Bamboo Dancing (Tari Bambu) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem Kelas VII B SMP Negeri 2 Toroh Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (34MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif menggunakan model Bamboo dancing pada materi ekosistem terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Toroh dari aspek kognitif maupun afektif siswa setelah mendapatkan perlakuan pada siklus I dan siklus II. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Toroh yang berjumlah 40 siswa. Pada penelitian ini diharapkan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif model Bamboo Dancing siswa dalam proses pembelajaran Biologi materi Ekosistem mengalami peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif dan aspek afektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan evaluasi. Sumber data berasal dari informasi guru, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan dokumentasi. Teknik dan alat pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil belajar aspek kognitif siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 85,1 dari nilai rata-rata kelas awal 70,9 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 87,5% dari 40 siswa dengan ketuntasan awal 40%. Pada aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata kelas sebesar 10,8 (cukup berminat). Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan hasil belajar aspek kognitif dengan nilai rata-rata kelas yaitu 86,3 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 92,5%. Pada aspek afektif juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 12,8 (cukup berminat). Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA biologi di kelas VII B SMP Negeri 2 Toroh tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa aspek afektif dan kognitif, Strategi pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 09:12 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 23:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24661 |
Actions (login required)
View Item |