Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Strategi Card Sort Dengan Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Yuliana, Winda and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Strategi Card Sort Dengan Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01._BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
02._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
03._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
05._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
07._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08._Naskah_Publikasi.pdf

Download (270kB)

Abstract

Pembelajaran adalah inti kegiatan dalam pendidikan. Segala sesuatu yang telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan strategi card sort, make a match dan konvensional ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa ditinjau dari nilai kognitif dan afektif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen I (card sort), kelas VII D sebagai kelas eksperimen II (make a match) dan kelas VII E sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistika one-way anova melalui program SPSS 16.0 for windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran make a match sebesar (87,18) lebih tinggi dari pada menggunakan card sort sebesar (85,96) dan konvensional sebesar (81,62). Hasil penilaian afektif siswa menggunakan strategi make a match sebesar (3,58) lebih tinggi dari pada menggunakan card sort sebesar (3,42) dan konvensional sebesar (2,98). Hal ini menunjukan bahwa siswa lebih aktif pada proses pembelajaran menggunakan strategi make a match. Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (8,430) pada aspek kognitif dan (12,041) pada aspek afektif lebih besar dari Ftabel (3,083), maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran eksperimen yaitu pembelajaran card sort, make a match dan konvensional. Pada uji lanjut menggunakan post hoc test pada strategi card sort tidak menunjukkan perbedaan dengan strategi make a match baik aspek kognitif maupun afektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi card sort dan make a match tidak ada perbedaan hasil belajar, akan tetapi kedua strategi ini lebih baik dari pada kontrol dilihat dari aspek kognitif dan afektif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: card sort, make a match, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jul 2013 08:00
Last Modified: 31 Oct 2021 23:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24659

Actions (login required)

View Item View Item